Diguyur Hujan Lebat, Beberapa Desa di Abdya Terendam Banjir

DETEKSI.co - Aceh Barat Daya, Hujan lebat yang turun semenjak Jumat (14 /5/2021) pagi, menyebabkan sejumlah desa di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terendam air.

Desa yang terendam air merupakan langganan banjir yang biasa melanda akibat curah hujan yang tinggi maupun air bah kiriman dari wilayah yang lebih tinggi.

Salah satu desa yang menjadi langganan banjir adalah desa Lhueng Geulumpang Kecamatan Kuala Batee. Kepada awak media, keuchik Lhueng Geulumpang, Herman, Jumat sore (14/5/2021), mengatakan bahwa ada 31 KK yang terkena dampak banjir.

"Debit air yang masuk ke rumah warga mencapai 60 Cm, dan kurang lebih ada 31 KK warga kami yang terkena dampak banjir" ujar Herman.

Sementara itu, Danramil 02/Kuala Batee, Kapten Inf Izhar,  bersama anggota Babinsa juga turun langsung ke lokasi banjir untuk membantu warga mengamankan barang-barang berharga milik warga.

"Kita akan siap siaga di lokasi, memantau  perkembangan kondisi air, kami harapkan warga jangan sungkan-sungkan untuk minta bantuan kepada Babinsa kita yang ada di lapangan," harap Izhar.

Secara terpisah, Ketua Tagana Kabupaten Abdya, Yasri Gusman yang dihubungi awak media membenarkan hal ini dan merilis beberapa desa yang hingga saat ini terendam genangan air.

"Ya, ada beberapa titik banjir luapan yang terpantau, di kecamatan Kuala Batee ada 2 titik, yaitu desa  Lhueng Geulumpang dan Alue Pade, di kecamatan Blangpidie ada di desa Alue Mangota, di Kecamatan Jeumpa ada di desa Cot Mane dan di kecamatan Setia ada di desa Lhang, Tangan Tangan Cut dan Cinta Makmur," terang Yasri. (Rob's)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama