Hadiri Refleksi Akhir Tahun, Ketua PWI Sumut Tuntut Keterbukaan Informasi Penggunaan APBD

LASSERNEWS.COM - Medan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Farianda Putra Sinik SE hadiri acara Refleksi Akhir Tahun 2021 Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumatera Utara di Ballroom Bank Sumut lt 10 Jl Iman Bonjol Medan, Selasa (28/12/2021). 

Saat pelaksanaan diskusi Farianda Putra Sinik menyampaikan apresiasi kepada BKAD yang berani menggelar refleksi akhir tahun 2021. Karena hal itu merupakan keterbukaan informasi. "Kami berharap pejabat harus terbuka informasi. Apalagi soal  APBD, yang dikelola itu uang rakyat, maka rakyat harus tau," tandas Farianda.

Farianda berharap, kegiatan yang sama dapat diadopsi daerah Kabupaten/Kota lain serta OPD yang sama. Begitu juga dengan penggunaan digitalisasi soal keungan. Karena menurut Farianda penggunaan digitalisasi akan mampu mendongkrak memaksimalkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, Farianda juga menyoroti terkait pengerjaan proyek di Sumut dimana setiap pengerjaan itu dikerjakan diatas bulan Juni setiap tahunnya. Hal itu menurut Farianda dapat mengurangi kualitas karena dikerjakan buru buru dan musim hujan. "Tentu hasilnya dikuatirkan kurang maksimal dan tidak tepat sasaran," ujar Farianda.

Sebelumnya, Sekda Pemerintah Provinsi Sumut H Afifi Lubis SH dalam sambutannya setelah membuka acara refleksi akhir tahun 2021 BPAKD mengatakan , acara refleksi merupakan yang pertama. Sedangkan niat mengundang Ketua PWI beserta anggotanya sangat berkeinginan mendapat koreksi dari insan pers. Sehingga pengelolaan keuangan daerah lebih sehat ke depannya.

"Ini salah satu bukti kami akan lebih transparan butuh koreksi dari wartawan sehingga kami bekerja lebih baik di tahun 2022 dan ke depannya," imbuh Afifi.

Pada saat itu juga Kepala BPKAD  Sumut Dr Ismael Sinaga menyebut sangat berharap dukungan dari PWI Sumut dalam mensosialisasikan kinerja ASN di Pemprovsu kepada masyarakat dalam peningkatan pembangunan.

Ditambahkan Ismail, pihaknya tetap berharap ada kontrol sosial setiap pelaksanaan program terutama penyerapan anggaran. 


Hadir sebagai nara sumber saat diskusi, selain Kepala BPKAD Dr Ismail Sinaga, dari Akademisi M Fitri Rahmadana, dari akademisi Joharis Lubis dan Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik. (Ril/N)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama