Mutasi Polri, Kapolri Geser 200 Perwira Pejabat Hingga Kapolres


OTORITA.ID-Jakarta, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi 200 perwira tinggi dan menengah di Korps Bhayangkara pada 24 Januari 2022. Ia menerbitkan setidaknya tiga surat telegram mutasi.

Ketiga surat itu tercatat dalam Nomor: ST/164/I/KEP./2022; ST/165/I/KEP./2022; dan ST/166/I/KEP.2022. Surat ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia Irjen Wahyu Widada.

"Ya betul, mutasi hal yang alamiah dalam rangka binkar, tour of duty dan area serta untuk meningkatkan performa kinerja organisasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Selasa (25/1).

Dalam telegram yang diterima, Listyo salah satunya memutasi Kapolda Kalimantan Utara yang kini dijabat oleh Irjen Danel Adityajaya. Ia menggantikan Irjen Bambang Kristiyono yang yang dimutasikan menjadi Pati Baharkam Polri dalam rangka memasuki masa pensiun.

Kemudian, Listyo juga mengganti Brigjen Antony Maruli Tua Siahaan sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Jabatan sebelumnya sebagai Direktur Politik Baintelkam Polri akan digantikan oleh Direktur Intelkam Polda Jatim, Kombes Yuda Gustawan.

Posisi Yuda sebelumnya akan diisi oleh Kombes Dekananto Eko Purwono yang sebelumnya menjabat Kasubdit Kehidupan Bernegara Ditsosbud Baintelkam Polri. Lalu, Listyo juga menugaskan Irjen Sukma Edi Mulyono ke Dewan Ketahanan Nasional (Watannas). Ia akan dimutasikan sebagai Pati SSDM Polri jelang pensiun.

Selain itu, Kapolri juga merotasi sejumlah Kapolres dan perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) lain di seluruh Indonesia.

Misalnya, Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin dimutasikan sebagai Kapolres Boyolali. Ia akan digantikan oleh AKBP Yolanda Evalyn Sebayang yang sebelumnya merupakan Pamen Polda Jateng. Lalu, AKBP Nuryono yang sebelumnya menjabat Kapolres Lubuk Linggau dirotasi sebagai Kapolres Ogan Komering Ulu.

Kemudian, Kapolres Denpasar saat ini akan dijabat oleh AKBP Bambang Yugo Pamungkas. Selain itu, Kapolres Ciamis akan dijabat oleh AKBP Tony Prasetyo.

Kapolri juga menunjuk Kombes Sigit Dany Setiyono sebagai Kapolresta Bandara Soekarno Hatta. Ia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi.

Kapolres Sumba Timur yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Handrio Wicaksono juga digantikan oleh AKBP Fajar Widyadharma. Ia sebelumnya merupakan Kabagbinopsnal Ditresnarkoba Polda NTT. Selain itu, Kapolri juga merotasi Kapolres Manggarai Timur AKBP Nugroho Arie Siswanto sebagai Kabagada Rolog Polda NTT. Ia akan digantikan oleh AKBP I Ketut Widiarta.

Lalu, Kapolres Sorong Kota yang dijabat AKBP Ary Nyoto Setiawan akan diganti oleh AKBP Johanes Kindangen. Ary akan menjabat sebagai Wadansatbrimob Polda Papua Barat.

Masih dalam telegram itu, Kapolri juga menunjuk Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko mengisi jabatan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri yang telah kosong usai ditinggal Brigjen Ahmad Ramadhan. Gatot sendiri akan digantikan oleh Kombes Dirmanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Humas Polda Kalbar. (mjo/ain)

CNN Indonesia

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama