Hari Surya Sedunia Diperingati Setiap 3 Mei: Matahari Sebagai Sumber Energi Terbarukan


OTORITA.ID - Medan, Peringatan   Hari Surya Sedunia (World Sun Day) di peringati  setiap tanggal 3 Mei,  penetapan ini di dasari oleh peran surya atau matahari yang begitu besar untuk keberlangsungan  kehidupan manusia dan makhluk  ciptaan  Allah,  Tuhan Yang Maha Esa. 

Peringatan Hari Surya Sedunia bertujuan  mengingatkan manusia  untuk menjaga kelestarian  alam dan sekitarnya. 

Peringatan  Hari Surya Sedunia dimulai  tahun 1994 di prakarsai oleh International  Solar Energy Society (ISES)laman Aqua lestari.

Hal ini diadakan untuk mengajak seluruh  manusia memaknai  tentang  pentingnya  sumber energi terbarukan,  khususnya matahari.

Energi matahari  memungkinkan angin untuk tetap berembus,  tanaman tetap bisa tumbuh,  dan air tetap mengalir  di bumi  tempat kita bermukim.

Sadarkah kita bahwa berbagai  energi  alternatif  yang ada di bumi semua  bersumber dari satu sumber  yaitu  energi matahari.

Peringatan  ini dimaksudkan agar kita semua  lebih memaknai  dan mensyukuri keberadaan  matahari sama seperti  kita mensyukuri  keberadaan  air dengan Hari Air,  dan bumi dengan Hari Bumi nya. 

Tanpa sinar matahari  yang cukup  bumi akan memiliki suhu dingin  sehingga dapat menghmbat pertumbuhan  ekosistem  di bumi. 


Penulis: Abdul Aziz,  ST

Pemerhati  sosial dan lingkungan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama