Event Solu One Tasco Hutaraja Digelar Pada 25-26 Februari di Pantai Hita do Hita Samosir

Event Lomba "Solu One Tasco Hutaraja" yang akan dilaksanakan pada 25-26 Februari di Pantai Hita do Hita Dusun 2 Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, Kabupaten Samosir. (Foto/ist).


PODIUMRAMYAT.COM | SAMOSIR


Guna mendukung dan mengairahkan Kepariwisataan di Kabupaten Samosir khususnya desa Lumban Suhi Toruan. Cap Capung bekerja sama dengan pemerintah desa (Pemdes) Lumban Suhi Toruan akan melaksanakan Event Lomba "Solu One Tasco Hutaraja" yang akan dilaksanakan pada 25-26 Februari di Pantai Hita do Hita Dusun 2 Desa Lumban Suhi Suhi Toruan.


Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Lumban Suhi Toruan Raja Sondang Simarmata.


Perlombaan itu diperuntukan bagi Nelayan yang berada didaerah Batak (Partao) yang menangkap ikan dengan mengunakan perahu atau dalam bahasa bataknya Solu.


Raja Sondang Simarmata menyampaikan bahwa dikegiatan lomba Solu nanti akan berbeda. "Diperlombakan kali ini akan berbeda, perahu yang sudah dimodifikasi dengan mengunakan mesin, Nelayan inikan menunjukkan kemampuan menerjang ombak serta bermanuver di atas air akan di uji dalam kegiatan Solu One Tasco Hutaraja," ucap Raja Sondang Simarmata.


Lebih lanjut Kepala Desa Lumban Suhi ini juga menyampaikan bahwa Perlombaan  meliputi kategori : 

1. Perlombaan Solu Tangan/ tanpa mesin

2. Perlombaan Solu Mesin dengan Trak Lurus

3. perlombaan Solu Mesin dengan Lintasan tertentu.


"Perlombaan antar nelayan ini akan mempertontonkan kreatifitas dan adrenalin, kemampuan nelayan akan di uji di  danau Toba," ujar Kepala desa Lumban Suhi Toruan yang juga Salah satu Tokoh muda Penggerak ke kepariwisataan di kabupaten Samosir.


Raja Sondang menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai wujud perhatian pemerintah desa dalam membangun sumberdaya masyarakat nelayan, dalam hal ini masyarakat nelayan akan memperoleh mesin-mesin nelayan, piala, uang pembinaan, mesin pertanian.


"Mari saksikan bersama tanggal 25-26 Februari di Pantai Hita do Hita Dusun 2 Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, Dimana Lumban Suhi Toruan juga salah satu tujuan Wisata bagi Wisatawan daerah maupun mancanegara. Salah satu tujuan wisata di desa Kami Perkampungan Ulos Huta Raja," ujar Raja Sondang Simarmata. [PRC]

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama